Bahaya Penggunaan Bahan Kimia di Kehidupan sehari-hari

kimiaDi zaman yang modern ini memang susah untuk mendapatkan berbagai keperluaan dari bahan-bahan alami

Biarpun sudah ada sekali-pun,terkadang  kita tidak ingin menggunakannya karena factor waktu

Memang menggunakan  bahan-bahan alami memiliki kekurangan yaitu lama nya efek yang di berikan,namun bahan Alami juga  berdampak baik untuk tubuh dan lingkungan hidup di sekitar kita

 

Beberapa  dampak  buruk  dari bahan kimia yang kita gunakan setiap hari:

1. Bahan kimia dalam pembersih .

Para ibu rumah tangbersihga banyak sekali yang menggunakan pembersih pakaian dengan menggunakan bahan detergen . Biasanya bahan kimia yang di gunakan dalam detergen adalah ABS ( alkil benzana sulfonat ) . Bahan aktif ABS dalam detergen sukar terurai oleh mikroorganisme sehingga dapat mengakibatkan pencemaran air tanah . Limbah detergen mengandung senyawa fosfat . Senyawa fosfat merupakan nutrisi bagi tumbuhan . Oleh karena itu jika limbah detergen telah masuk ke dalam  perairan , ganggang , dan eceng gondok akan tumbuh tidak terkendali . Maka akan mengakibatkan , permukaan air tertutup dan dapat mematikan hewan di air .

Bahaya dari obat yang mengandung bahan kimia

  • Menimbulkan kerusakan pada hati
  • Sakit pinggang dan ginjal
  • Penyakit pernapasan atau asma
  • Menimbulkan penyakit jantung sampai kematian
  • Ketergantungan obat kimia tertentu
  • Merusak sel sel tubuh
  • Susah Tidur

Penggunaan obat kimia secara jangka panjang akan menimbulkan penyakit yang baru, mengapa demikian karena terdapat banyak kerusakan organ organ tubuh akibat dari mengkonsumsi obat kimia tersebut. alangkah baiknya untuk mengurangi bahkan harus berhenti mengurangi obat obatan yang mengandung bahan kimia . bisa dengan beralih dengan melakukan pengobatanherbal merupakan pilihan yang tepat untuk menjaga kesehatan anda atau menyembuhkan penyakit anda karena pengobatan ini tidak menimbulkan efek samping yang membayakan tubuh karena terbuat dari bahan bahan herbal. sangat di anjurkan sekali bagi anda untuk menjaga kesehatan dengan herbal

2. Pewangi

pewangiPewangi merupakan bahan kimia yang biasanya terdapat dalam parfum, pengharum ruangan, pengharum lantai, pengharum pakaian, dan pengharum toilet. Aroma harum pada bahan pewangi dapat diperoleh dari bahan alami dari harum  bunga mawar,bunga melati atau bung-bunga yang lainnya

3. Bahan pembasmi serangga
pembasmiInsektisida ada tiga macam, yaitu:
a. Racun pencernaan
Racun pencernaan adalah bahan kimia yang jika termakan oleh serangga akan merusak saluran pencernaan sehingga serangga akan mati. Misalnya:
•    DDT = dikloro difenil trikloretan
•    BHC = benzena heksa klorida
b.    Racun luar tubuh
Racun luar tubuh adalah bahan kimia yang akan membunuh serangga jika terjadi kontak langsung antara bahan kimia dan serangga. Misalnya seperti :
•    DDT
•    Dieldrin
•    BHC
•    Aldrin
c.    Racun pernapasan
Racun pernapasan adalah bahan kimia yang jika terhirup atau dihirup oleh serangga akan merusak saluran pernapasannya sehingga menyebabkan serangga itu mati. Misalnya seperti:
•    BHC
•    Asam sianida
•    Karbon disulfida

4. Pupuk

pupuk
Pupuk buatan yang umum digunakan adalah pupuk nitrogen, pupuk fosfor, dan pupuk natrium. Pemberian pupuk secara beriebihan dapat menimbulkan pencemaran tanah.

 

Efek Samping Penggunaan Bahan bagi Lingkungan dan Manusia
1.    Beberapa bahan kimia disinyalir merupakan pemicu kanker dan alergi.
2.    Penggunaan pemutih gigi dapat menyebabkan gusi mengalami iritasi, bahkan kanker gigi karena kandungan merkuri di dalamnya.
3.    Kesalahan penggunaan sabun/deterjen dapat mengakibatkan iritasi pada kulit.
4.    Senyawa klorofluorokarbon (CFC) atau karbon dioksida (C02) dalam aerosol cair atau bahan kimia semprot mengakibatkan penyebab utama penipisan ozon dan efek rumah kaca {green house effect).
5.    Limbah plastik dan styrofoam tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme yang mengakibatkan pencemaran lingkungan.
6.    Limbah cair dari kegiatan mencuci menyebabkan terjadinya eutrofikasi (perairan menjadi subur). Ini menyebabkan terjadinya Alga yang melimpah dan akan menjadi sampah organik sehingga perairan kekurangan oksigen.

 

Pencegahan Efek Samping Bahan Kimia
1.    Gunakan pupuk secukupnya.
2.    Beralih lah ke pengobatan Herbal,biarpun pengobatannya lama,namun efeknya sangat baik untuk kesehatan tubuh yang lain.
3.    Jangan membakar sampah yang mengandung kemasan bahan kimia berbentuk aerosol cair.
4.    Gunakan sarung tangan ketika menggunakan pembersih kamar mandi.
5.    Pilihlah sabun, sampo, dan pembersih tubuh yang memilki pH seimbang.
6.    Jangan mencampur bahan kimia pemutih dengan bahan kimia lain tanpa petunjuk penggunaan yang   jelas.
7.    Gunakan bahan kimia secukupnya saja.
8.    Selalu   membaca   label  peringatan  serta petunjuk  penggunaan   pada   label kemasan.

Terima kasih telah berkunjung di Blog Toko Olid, Toko Herbal terpercaya sahabat Anda. Anda bisa membaca artikel-artikel lainnya di blog ini. Jangan lupa untuk melihat katalog produk herbal kami seperti : Bamboo Foot Patch, Sekar Malam, Gold G, GMP Nutri, Madu, Sari Kurma, Habbatusssaudah, Propolis, Minuman Herbal, Sabun Kecantikan, dan lain-lain di TokoOlid.Com
This entry was posted in Pengetahuan and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *