10 Masalah Penyebab Timbulnya Jerawat

disappointed-cartoon-faces-805150

10 Masalah Penyebab Timbulnya Jerawat – Jerawat adalah masalah kulit yang dialami sebagian besar orang dan biasanya ditandai dengan munculnya bintik-bintik di beberapa bagian tubuh seperti wajah, punggung, dan dada. Jerawat merupakan suatu kondisi di mana pori-pori kulit mengalami penyumbatan dan akhirnya menimbulkan kantung yang berisi nanah dan meradang. Jerawat merupakan suatuh penyakit pada kulit yang dialami sebagian besar kalangan remaja dan penderitanya semakin meningkat. Seorang peneliti yang bernama Kligmann berpendapat, “Tidak seorang pun manusia di dunia ini se-masa hidupnya tidak pernah mengalami yang namanya jerawat pada kulitnya. Kemungkinan penyebab utama jerawat adalah disebabkan adanya perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Selain itu perubahan hormonal yang menjadi pemicu masalah jerawat yaitu menstruasi, masa kehamilan, penggunaan pil KB dan timbulnya stres.

pimples

Memang masalah yang satu ini sungguh banyak sekali di alami kalangan wanita dan pria, Dan masalah jerawat terkadang menjadi suatu kendala yang cukup besar dalam hal percaya diri seseorang yang mengalami masalah jerawat. Namun dengan semakin majunya teknologi kesehatan kecantikan kulit para penderita penyakit PD ini tidak perlu merasa khawatir lagi. Sebab mau cara tradisional maupun modern bisa menjadi sebuah alternatif dalam penyembuhan dan menghilangkan noda jerawat yang membekas di wajah.

Berikut Ini Beberapa sebab Mengapa Jerawat Timbul:

1. Produksi minyak berlebihan

Timbulnya jerawat bukan hanya karena masalah kurang besihnya muka seseorang. Berlebihannya produksi kelenjar minyak pada tubuh bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya jerawat. Sebab dengan banyaknya produksi minyak akan menyebabkan tersumbatnya saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Nah masalah kelebihan minyak ini menjadi masalah yang sering kali dialami para penderita jerawat.

2. Penggunakan Alat Kosmetik yang Dapat Menyebabkan Iritasi

Jerawat bisa muncul akibat penggunaan perlengkapan make-up / kosmetik. Alat kosmetik dapat menimbulkan iritasi pada kulit karena didalamnya terkandung beberapa zat kimia yang memang belum tentu cocok untuk semua jenis kulit, bahan-bahan tersebut biasanya terkandung dalam produk kosmetik tabir surya atau sunscreen:

  • Lanolin, merupakan sebutan lain dari minyak yang baik untuk kulit, tapi tidak semua jenis kulit. Bahan tersebut tidak cocok untuk kulit berminyak, apalagi kulit yang sudah berjerawat, karena bisa memperparah jerawat di kulit anda.
  • Petroleum adalah jenis minyak yang sebenarnya tidak perlu digunakan untuk jenis kulit yang berminyak dan berjerawat.
  • Isopropyl Myristate yaitu suatu zat kimian yang dapat membuat kulit anda menjadi tidak berminyak, atau lebih tepatnya, mengurangi produksi minyak berlebih. Namun sayangnya, zat tersebut akan membuat pori-pori kulit tersumbat dan menyebabkan iritasi pada kulit
  • Produk kosmetik yang mengandung parfum | Produk kosmetik yang mengandung parfum buatan biasanya akan menyebabkan iritasi pada kulit, sehingga akan menyebabkan timbulnya komedo yang akhirnya menjadi jerawat.

    3. Telepon Genggam

    Masalah satu ini bisa jadi sering kali diabaikan para penggunanya, Sebab para permukaan Hp bisa jadi tempat bersarangnnya bakteri penyebab jerawat. Untuk mencegahnya timbulnya masalah jerawat yang disebabkan karena telepon genggam wajib untuk anda bersihkan permukaan telepon dengan rutin menggunakan cairan alkohol, dan kalau bisa setiap kali menelpon jangan menempelkan permukaan telpon dengan wajah anda.

    4.  Mengalami Stres atau Tekanan Batin

    Salah satu penyebab jerawat adalah karena kadar hormon stres dalam tubuh berlebih. Dalam keadaan stress, produksi hormon stress dalam tubuh akan meningkat sehingga dapat menjadi pemicu munculnya jerawat. Maka dari itu penting sekali bagi anda untuk menghindari hal-hal yang dapat menjadi peyebab stres.

    5.  Menggunakan Pakaian yang Ketat

    Setiap -+ 40 menit, manusia kehilangan sekitar satu juta sel kulit mati. Nah, pada saat anda menggunakan pakaian yang super ketat, akibatnya sel kulit mati tersebut tidak akan terbuang sepenuhnya, melainkan akan menumpuk dan bercampur kembali dengan kotoran dan minyak yang pada akhirnya dapat menyebabkan jerawat.

    6.  Merokok

    Suatu penelitian yang dilakukan di San Gallicano Dermatological Institute di Roma, mengidentifikasi jerawat non-inflamasi muncul di kalangan perokok. Pra peneliti tersebut juga menemukan bahwa perokok yang berjerawat di masa remaja, empat kali lebih mungkin untuk terkena jerawat di usia dewasa dibandikan dengan yang tidak merokok. Jadi jika anda ingin terhindar dari jerawat, kurangi bahkan hentikanlah kebiasaan merokok.

    7.  Pola Makanan yang Kurang Tepat

    Mengkonsumsi makanan yang dapat menyebabkan kadar gula darah dalam tubuh meningkat (seperti, gula, gorengan dsb.), selain dapat merusak tubuh juga dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat. Tapi jika anda memakannya hanya sesekali saja, tidak berbahaya.

    8.  Menggunakan Produk Rambut

    Menggunakan produk seperti minyak rambut, juga dapat menyebabkan jerawat. Karena pada biasanya produk rambut yang anda gunakan mengandung minyak, silikon, dan plasticizer yang dapat menyumbat pori-pori saat rambut bersentuhan dengan kulit Anda. Namun, jika anda memilih potongan rambut berponi, sebaiknya anda tidak menggunakan produk rambut yang menggunakan bahan-bahan yang sudah disebutkan tadi.

    9.  Kurang Tidur atau Sering Begadang

    Bagi anda yang biasa tidur terlalu malam, sebaiknya perhatikan nih info penting buat anda. Saat seseorang kurang tidur, maka ia akan mudah mengalami stres. Nah, seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa salah satu faktor penyebab jerawat adalah stres. Selain itu, tidur terlalu malam juga dapat memperparah jerawat yang sudah ada sebelumnya. Karena pada saat kurang istirahat, akan memaksa tubuh untuk memproduksi hormon insulin lebih banyak, sehingga jerawat dapat terbentuk dengan mudah. Maka dari itu, cuckupilah waktu tidur anda. Karena saat anda tertidur, kulit akan melakukan regenerasi pada sel-sel kulit yang rusak, sehingga kondisi kulit anda dapat kembali normal.

    10.  Malas Membersihkan Keringat

    Dan yang terakhir alah satu kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan jerawat adalah karena anda malas membersihkan keringat, dan membiarkannya dalam waktu yang cukup lama bahkan sampai terbawa tidur. Sedangkan dalam keringat, terkandung bakteri yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Jadi, saya sarankan, jangan pernah membiarkan keringat berlama-lama menempel dikulit anda, bersihkan segera agar anda terhindar dari si jerawat.

    Terima kasih telah membaca artikel kecil kami “10 Masalah Penyebab Timbulnya Jerawat” .

    Jika anda berminat dengan produk herbal kami , silahkan kunjungi Toko online kami di Toko Olid

    Kunjungi juga :

     

Terima kasih telah berkunjung di Blog Toko Olid, Toko Herbal terpercaya sahabat Anda. Anda bisa membaca artikel-artikel lainnya di blog ini. Jangan lupa untuk melihat katalog produk herbal kami seperti : Bamboo Foot Patch, Sekar Malam, Gold G, GMP Nutri, Madu, Sari Kurma, Habbatusssaudah, Propolis, Minuman Herbal, Sabun Kecantikan, dan lain-lain di TokoOlid.Com
This entry was posted in Kecantikan Kulit, Kesehatan, Pengetahuan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *